Skip to content Skip to footer

BERSYUKUR

Mengucap syukurlah dalam segala hal, sebab itulah yang dikehendaki Allah dalam KristusYesus bagi kamu

Siapapun tahu bahwa bersyukur itu lebih baik dan sehat bagi kehidupan ketimbang berusaha menolak keadaan, kecewa apalagi bersungut-sungut.  Selain itu bersyukur juga diperintahkan Tuhan. Tetapi  faktanya mensyukuri sesuatu itu tak selamanya mudah.  Memang ketika harapan terwujud, lebih mudah untuk bersyukur.  Tetapi ketika masalah datang bertubi-tubi  maka bersyukur menjadi sesuatu yang sulit dilakukan.

Dengan kata lain bersyukur adalah sesuatu yang sederhana, bermanfaat tetapi sukar dilakukan.  Jika begitu bagaimana kita seharusnya menyikapi hal itu?  Sekurangnya ada tiga hal dapat kita lakukan.  Pertama, cobalah mengucap syukur untuk sesuatu yang tampaknya biasa dan kecil . Misalnya mensyukuri masih bisa bangun pagi, bisa jalan dan berolahraga.  Apakah kita harus mengalami kecelakaan dan kehilangan satu kaki terlebih dahulu, baru bisa bersyukur? Kedua, yakinlah bahwa seburuk apa pun keadaan kita, Allah ada di sana sebab Allah berjanji akan menyertai kita dan tidak akan pernah meninggalkan kita seorang diri. Cobalah perhatikan secara cermat bagaimana Tuhan telah menolong kita dalam berbagai pengalaman di masa lalu. Ketiga, yakinlah akan rencana Tuhan yang indah sebab firman Tuhan menyatakan bahwa Allah turut bekerja dalam segala sesuatu untuk mendatangkan kebaikan.

Oleh sebab itu ada nasihat sederhana yang disampaikan Pdt. Billy Graham ini sangat tepat kita renungkan.  Beliau menyatakan bahwa jangan mengeluh tidak punya sepatu sebelum melihat orang tidak punya kaki.  Dengan kata lain apa pun keadaan kita hari ini, Allahlah pemegang kendali atas kehidupan.  Tuhan tahu bahwa kita itu debu namun kita adalah biji mata Allah.  Bagaimana kita menjaga biji mata demikianlah Tuhan menjaga kehidupan kita.

Oleh sebab itu syukuri  apa adanya hidup ini sebab hidup itu sendiri  adalah anugerah.  Tidak ada manusia yang sempurna, tetapi jika kita dapat mensyukurinya maka semua akan membahagiakan.  Jadi  sekali lagi belajarlah bersyukur.

Bersyukurlah atas hidup ini, sebab semua itu adalah anugerah Tuhan

5 Comments

  • Bob
    Posted February 15, 2022 at 8:30 am

    Kita sebagai orang percaya harus selalu mengucap syukurlah dalam segala hal..apapun musim yg kita alami

  • Dulah ardiyansah
    Posted February 15, 2022 at 8:36 am

    Bagus, kita harus selalu mengucap syukur

  • Tarigan Tambun
    Posted February 15, 2022 at 8:17 pm

    Kebahagiaan didasari dengan mengucap syukur

  • Paijo
    Posted February 16, 2022 at 8:23 am

    Terima kasih. Sangat mencerahkan.

  • ts
    Posted February 16, 2022 at 8:40 am

    Terimakasih , Tuhan memberkati

Leave a comment

0/5