Skip to content Skip to footer

Cara Meningkatkan Minat Membaca Anak: 6 Strategi Efektif yang Harus Anda Coba

kalamhidup.com – “Dengan membaca pengetahuan bertambah, iman bertumbuh” begitulah bunyi slogan Penerbit Kalam Hidup. Kegiatan membaca adalah kegiatan yang penting dalam kehidupan, terutama pada Anak. Tidak hanya membantu memperluas wawasan, tetapi juga meningkatkan keterampilan bahasa dan pemahaman pada Anak. Bahkan imajinasi, kreativitas, juga Iman dapat bertumbuh.

2 Timotius 3:15Ingatlah juga bahwa dari kecil engkau sudah mengenal Kitab Suci yang dapat memberi hikmat kepadamu dan menuntun engkau kepada keselamatan oleh iman kepada Kristus Yesus.

Memilih bahan bacaan merupakan bagian yang tak kalah penting. Bacaan yang benar akan melindungi anak dari yang sesat dan memandu anak dalam memilih jalan yang benar. Alkitab ialah dasar kebenaran yang sangat kuat untuk membangun kondisi tersebut.

Yohanes 16:13 FAYH

Apabila Roh Kudus, yaitu Kebenaran, datang, Ia akan membimbing kalian kepada segala kebenaran, sebab Ia tidak mengemukakan pikiran-pikiran-Nya sendiri, melainkan akan menyampaikan kepada kalian apa yang telah didengar-Nya. Ia akan memberi tahu kalian tentang masa yang akan datang.

Sayangnya, di era digital ini, minat membaca pada anak-anak cenderung menurun, terutama baca Alkitab. Banyak anak lebih memilih menghabiskan waktu dengan gadget atau media sosial daripada baca buku. Informasi yang ada di media sosial sering tidak dapat tersaring dengan baik. Anak bisa jadi mengakses infomasi yang salah. Jika dibiarkan hal itu dapat berakibat buruk pada perkembangan anak.

Strategi Efektif

Penting bagi orang tua untuk menumbuhkan minat baca pada anak sejak dini dan memberikan bahan bacaan yang benar. Tapi pernahkah Anda mengalami kesulitan dalam mengajak anak baca? Jika iya, maka berikut ada 6 tips dan strategi yang dapat membantu meningkatkan minat membaca pada anak:

Mulailah dengan Buku yang Menarik

Sampaikanlah Pendapatmu...
+1
0
+1
0
+1
0
+1
0
+1
0
+1
0

Leave a comment

Verified by MonsterInsights