Skip to content Skip to footer

5 Lagu Rohani Terkenal Sepanjang Masa

Nyanyian Kemenangan Iman

kalamhidup.com –  Buku lagu rohani terbitan Kalam Hidup ini dipakai oleh beberapa sinode gereja di Indonesia. Gereja Kemah Injil Indonesia menjadi salah satu sinode yang menggunakan Nyanyian Kemenangan Iman (NKI). Banyak lagu-lagu terkenal salah satunya ada 5 Lagu Rohani Terkenal Sepanjang Masa di dalam NKI. Dalam perjalannya hingga saat ini, NKI telah mengalami beberapa penyesuaian untuk penyempurnaan. Peyempurnaan terbaru terjadi pada tahun 2021, dimana di tambahkan beberapa lagu baru dan juga kamus.

Daftar Lagu Rohani Terkenal Sepanjang Masa

Saat ini NKI cetakan tahun 2021 terdiri dari 341 lagu, bertambah 37 lagu dari sebelumnya. Dari detertan 341 lagu banyak rohani terkenal sepanjang masa. Berikut ialah 5 diantaranya:

1. NKI no. 42 Malam Kudus. Lagu Rohani Natal

Lagu Rohani Terbaik - Malam Kudus
Lirik Asli Lagu Natal Malam Kudus

Lagu yang nyanyikan ketika malam natal ini memiliki judul asli Stille Nacht (bahasa Jerman). 25 Desember 1818 tanggal perdana lagu itu diperdengarkan pada perayaan natal di Nicola-Kirche (Gereja St. Nikolas), Oberndorf, Austria. Lirik Malam Kudus ditulis oleh Fr. Josef Mohr seorang pastor dari Austria pada tahun 1816. Sedangkan melodinya disusun pada malam natal 1818 oleh Franz X. Gruber seorang pempimpin paduan suara Austria.

2. NKI 71 Anugerah Yang Ajaib (Amazing Grace)

Lagu asli Amazing Grace, terdapat di buku lagu rohani dengan judul Olney Hymns pada halaman 53. Lagu ini diciptakan oleh John Newton pada tahun 1779. Kehidupan Newton begitu gelap.  Pemabuk, penjudi dan saat di angkatan laut ia di tangkap oleh pedagang budak. Setalah sekian lama, Newton diemukan dan dibebaskan oleh seorang kapten laut suruhan ayahnya. Dalam pelayaran pulang Ia dan kapal itu tertangkap badai. Kapal yang ditumpangi Newton hampir tenggelam. Newton memohon pertolongan Tuhan, dan ajaib, kapal itu entah bagaimana berlayar selamat hingga ke darat. Mulai saat itu ia bertobat. Belajar dan mengikut Kristus dengan setia. Walau ia buta di hari tuanya, ia tetap dapat berkata “Dulu aku buta namun sekarang aku melihat”. Newton dapat berkata demikian karena telah menerima anugerah Allah yang membawa hidupnya kepada terang.

3. NKI 201 Ajaiblah Tuhan (How Great Thou Art)

Himne Kristen ini diciptakan dari melodi tradisional Swedia, yang syairnya di tulis Carl Gustav Boberg (1859–1940) di Mönsterås, Swedia tahun 1885. Menjadi sebuah himne ketika diterjemahkan dalam bahasa Jerman dan kemudian dalam bahasa Rusia. Seorang Misionaris Inggris Stuart K. Hine, menerjemahkan dari bahasa Rusia ke bahasa Inggris, dan menambahkan dua ayat asli dari miliknya. Himne ini dipopulerisasikan oleh George Beverly Shea dan Cliff Barrows pada KKR-KKR Billy Graham. Dan didapuk peringkat kedua (setelah “Amazing Grace”) lagu himne favorit sepanjang masa pada survey oleh majalah Today’s Christian tahun 2001.

4. NKI 226 Jangan Melalui Aku, Ya Yesus (Pass Me Not)

Karangan Frances Jane Crosby (24 Maret 1820 – 12 Februari 1915), seorang buta sejak bayi, penulis lirik dengan julukan “himnenya Kristen Protestan“, salah satu hymnistis paling produktif dalam sejarah, dan juga salah satu wanita paling terkenal di Amerika Serikat.

Crosby mengunjungi sebuah penjara tahun 1868.  Saat itu karyanya dinyanyikan, dan doa-doa dipanjatkan. Dalam suasana doa Crosby mendengar memohonan doa yang berkata, “Pass Me Not, O Gentle Savior (O juruselamat yang lembut, jangan lalui aku)!”. Didorong oleh permintaan W.H. Doane (seorang penggubah lagu terkenal), Crosby membuat himne berdasarkan permintaan dan seruan itu. Crosby, memperjelas inspirasinya dari pengalaman dua orang buta yang memanggil Yesus (Matius 20:29-31). Belas kasihan, kesembuhan, anugerah dan kedamaian, ialah hal-hal yang bisa didapatkan ketika kita bersandar dan meminta pertolongan kepada Yesus.

5. NKI 106 Dapat Tuhan Yesus Dapat Semuanya

Lagu ini diciptakan oleh A.B. Simpson, seorang pengkhotbah, pencipta lagu hymn terkenal, dan juga pendiri The Christian & Missionary Alliance. Hymn ini Simson ciptakan ketika sedang mengalami suatu pergumulan berkaitan dengan pengudusan. Simpson awalnya berpendapat bahwa pengudusan diperoleh dari usaha sendiri. Membuatnya mengejar pengudusan itu setiap hari. “Kekudusan itu pun hilang karena saya tidak berpegang pada Yesus”. Pada akhirnya Simpson sadar bahwa pengudusan hanya dari Allah. Pengudusan bukan usaha manusia, melainkan kasih karunia Allah bagi manusia. Pengalaman itu iya aktualisasikan menjadi sebuah lagu dengan Judul Dapat Tuhan Yesus Dapat Semuanya.Lagu yang merefleksikan isi hati dan pengalaman A. B. Simspon bersama dengan Yesus.

Bersyukur dengan Lagu Rohani

Buku Lagu Rohani - Nyanyian Kemenangan Iman
Nyanyian Kemenangan Iman

Setiap lagu memiliki kisah dibaliknya. Ada hal menarik yang dapat kita simpulkan dari 5 lagu rohani terbaik di atas. Lagu diwujudkan sebagai bentuk bersyukur kita kepada Allah.

Mazmur 69:30-31: “Aku akan memuji-muji nama Allah dengan nyanyian, mengagungkan Dia dengan nyanyian syukur.”

Masih banyak lagi lagu dalam buku rohani Nyanyian Kemenangan Iman. Kiranya 5 lagu rohani terbaik ini dapat menginspirasi kita untuk terus belajar lagu baru untuk memuji-muji nama Allah kita. amin.

 

Bagus Panuntun

Leave a comment