Skip to content Skip to footer

5 Cerita Tokoh Alkitab Unik

Cerita Tokoh Alkitab Unik

kalamhidup.com – Ada 3.000 nama tokoh disebut dalam Alkitab. Tak semua tokoh tersebut memiliki kisah atau cerita, kebanyakan hanya disebutkan dalam genealogi. Tetapi, masih banyak cerita Tokoh Alkitab yang menarik/unik untuk diketahui. Cerita tersebut juga dapat kita ceritakan kembali kepada anak-anak. Berikut ini adalah 5 kisah atau cerita tokoh alkitab unik dan menarik bagi anak-anak untuk kita ceritakan.

1. Cerita Tokoh Alkitab yang Berteman Dengan Raja Salomo

Siapa yang kenal Hiram (Huram)? mungkin kita tidak terlalu mengenalnya. Ia Bukan berasal dari Bangsa Israel. Seorang Raja. Raja dari Tirus. Walau begitu, ia seorang yang percaya kepada Tuhan. Hal itu dikisahkan dalam sepucuk suratnya kepada Raja Salomo “Terpujilah TUHAN, Allah orang Israel, yang menjadikan langit dan bumi” (2 Taw. 2:12).

Raja Hiram memiliki pertemanan yang baik dengan Raja Salomo. Bukan hanya dengan kata, tapi juga dengan tindakannya. Ia ikut serta membangun Istana Raja Salomo. Raja Hiram mengirimkan berbagai bahan terbaik dan  para pekerjanya yang ahli. Kayu Aras dan Kayu Pinus merupakan salah satu bahan terbaik yang di kirimkan. Salomo, tidak tinggal diam ketika menerima perhatian temannya. Ia membayar kebaikan temannya dengan gandum dan minyak zaitun.

Yang unik dari cerita Tokoh Alkitab Hiram: Pertama, ia percaya kepada TUHAN yang menciptakan segalanya walau ia bukan dari Bangsa Israel. Kedua, pembuktian pertemanan bukan hanya sekedar perkataan, tapi diwujudkan dengan tindakan nyata.

Kisahnya dapat di lihat dalam 2 Samuel 5:11; 1 Raja-Raja 5:1-18; 2 Tawarikh 2:3-16

2. Tokoh Alkitab “Influencer

Bartimeus, salah satu Influencer dalam Alkitab. Dalam dunia bisnis, Influencer itu mereka yang bisa mempengaruhi orang untuk ikut membeli produk tertentu. Kata mempengaruhi sangat lekat dengan Influencer, Alkitab mencatat Bartimeus dapat memperngarhui orang. Tetapi, “produk” apa yang dipunya Bartimeus untuk mempengaruhi orang? Produknya ialah cerita kuasa Allah.

Setelah Bartimeus di sembukan oleh Yesus dari kebutaannya, ia tidak mau cerita kesembuhan itu miliknya sendiri. Bartimeus menjadi tenaga “pemasaran” Allah. Ia memuji-muji Allah dijalan-jalan karena kesembuhan yang dialaminya. Hasilnya, Ia berhasil menarik Rakyat ikutan memuji-muji Allah (lih. Lukas 18:43).

Yang unik dari cerita Tokoh Alkitab Bartimeus: Ia buta, hidup dalam kesulitan. Tak punya pengalaman melihat orang banyak (sebelum sembuh), tetapi memiliki keberanian. Keberanian dalam menceritakan kebaikan Allah kepada rakyat di jalan-jalan dan dalam sekejap mempengaruhi Rakyat ikut memuji Allah! Influencer yang luar biasa!

Kisahnya dapat di lihat dalam Matius 20:29-34; Markus 10:46-52; dan Lukas 18:35-43

3. Kaya, Baik, tetap Rendah Hati di usia lanjut.

Tokoh Alkitab satu ini punya kepribadian “sempoa” (sempurna-red). Adalah Barzilai seorang kaya (lih. crazy rich) dari Gilead. Kebaikannya tercatat dalam Alkitab. Dikisahkan Daud, keluarga dan pendukungnya sedang melarikan diri dari Yerusalem saat terjadinya pemberontakan Absalom terhadap dirinya. Pada saat itulah Barzilai dan yang lainnya datang menolong membawa makanan dan alas tidur untuk raja dan orang-orangnya.

Kemudian, Raja Daud mengajak Barzilai ikut bersamanya saat hendak kembali ke Yerusalem. Barzilai meminta ijin untuk tetap tinggal karena sudah berusia 80 tahun tidak dapat berjalan jauh. Raja Daud megijinkannya dan kemudian berpisah dengan Barzilai. Ketika Salomo di beri pesan-pesan oleh Daud tentang pemerintahan, ia meminta agar Salomo berbuat baik kepada keluarga Barzilai dan mengajak mereka makan semeja bersama raja.

Yang unik dari cerita Tokoh Alkitab Barzilai: Pertama, dalam berlimpah kekayaan, Barzilai tidak kikir, tidak sombong, dan tidak segan membagikan hartanya untuk membantu yang sedang kesusahan. Kebaikannya menginspirasi orang-orang disekitarnya berbuat hal serupa. Kedua, tak mengharapkan imbalan. Meskipun Raja Daud sendiri yang mengajak, ia tidak memanfaatkan ajakan tersebut untuk kepentingannya sendiri. Ia dengan rendah hati menolaknya. Dia tidak pamrih. Sikap inilah yang harus di miliki semua orang saat menolong sesama. Hasilnya, kehormatan luar biasa di berikan, bukan hanya kepada Barzilai, sampai keluarganya pun turut menikmatinya.

Kisahnya dapat di lihat dalam 2 Samuel 17:27-29; 19:31-39; dan Raja-Raja 2:7

4. Hagai, Motivator pengubah Hati!

Adakalanya Nabi selain menjadi corong Allah, mereka memiliki peran untuk menjadi seorang motivator. Hal itu di alami oleh Hagai. Setelah bangsa Israel kembali dari pembuangan di Babel, mereka memiliki tugas penting. Tugas tersebut ialah membangun Bait Suci. Tetapi, yang terjadi ialah pembangunan mandek. Pembangunan Bait Suci mangkrak 15 tahun. Mereka lebih mengutamakan kenyamanan untuk mereka sendiri, membangun rumah yang nyaman dan menyenangkan bagi mereka sendiri.

Allah mengingatkan umat-Nya melalui Hagai karena telah mengabaikan yang paling utama. Kehidupan rohani. Saat tingkat kerohanian umat Israel rendah, Hagai bersama Nabi Zakaria muncul memberi semangat, memotivasi bangsa itu untuk membangun kembali Bait Suci. Diluar dugaan pembangunan Bait Suci selesai hanya dalam beberapa tahun saja. Ini disebabkan karena bangsa itu memiliki hati yang bersungguh-sungguh.

Yang unik dari cerita Tokoh Alkitab Nabi Hagai: Memotivasi satu bangsa keluar dari kebermalas-malasan, dan yang terlena dengan kenyamanan sangat tidak mudah. Tapi, bersama Nabi Zakaria, Nabi Hagai berhasil membangkitkan motifasi bekerja bangsanya. Hagai mengubah hati mereka. Harus selalu memiliki motifasi bekerja dan jangan malas agar tidak di tegur oleh Allah.

Kisahnya dapat di lihat dalam Kitab Hagai. Juga dalam Ezra 5:1; 6:14.

5. Perempuan, Hakim, dan Pejuang

Ketiga kata di atas sangat cocok bagi Debora. Tokoh Alkitab satu ini merupakan satu-satunya hakim perempuan. Ia memerintah Israel di Efraim. Sambil duduk di bawah pohon kurma (palem) yang di sebut dengan nama dirinya.

Pada masa kekejaman Raja Yabin dari Kanaan selama 20 tahun, orang Israel meminta pertolongan Allah. Atas perintah Allah Debora untuk menyuruh Panglima Barak mengumpulkan orang-orang dan melawan Sisera panglima tentara Yabin. Barak tidak mau pergi kalau Debora tidak turut serta. Debora pun setuju ikut berperang menjadi pejuang. Debora bernubuat, akan ada perempuan yang mendapat kehormatan untuk mengalahkan Sisera.

Barak mengerahkan pasukannya. Tetapi, Yael, seorang perempuan lah yang berhasil membunuh Sisera. Debora menggubah sebuah lagu tentang peperangan tersebut. Dibawah pemerintahan Debora, Israel mengalami kedamaian selama 40 tahun.

Yang unik dari cerita Tokoh Alkitab Debora: Pertama, Hobi unik. Kebiasaannya yang duduk dibawah pohon “Debora” untuk memutuskan perkara sangat tidak lazim. Kedua, tidak kenal takut. Ia ikut berperang, walau perempuan karena ia punya Allah yang menyertainya. Ketiga, seorang komposer. Keahliannya menggubah lagu menandakan ia adalah hakim perempuan multi talenta yang nyentrik. Nah, yuk, tetap gunakan talenta/kemampuan kita kapanpun dan dalam kondisi apapun.

Kisahnya dapat di lihat dalam Hakim-Hakim 4-5

 

Memuat berbagai Cerita Tokoh Alkitab Unik
Kumpulan Kisah Menarik Tokoh-Tokoh dalam Alkitab yang jarang kita sadari.

Dari ke 5 Cerita Tokoh Alkitab diatas, mana yang baru pertama kali anda ketahui kisahnya? silahkan komentar di bawah. Demikian 5 Cerita Tokoh Alkitab unik yang dapat di ceritakan kembali kepada Anak-anak anda. Untuk lebih seru, Anda dapat membeli dan membacanya di buku rohani yang berjudul “Kisah Tokoh-Tokoh Unik dalam Alkitab” terbitan Kalam Hidup.

 

 

Bagus Panuntun

Leave a comment